Wellcome my.blog Nurul Bendy N.P Hp.085648874091

Ujian Rutin Tingkatkan Kinerja Otak

          Tes atau ujian rutin sebenarnya meningkatkan kemampuan otak untuk belajar, menurut penemuan baru para ilmuwan.

Para peneliti menemukan bahwa mempersiapkan diri untuk ujian atau tes sebenarnya meningkatkan daya ingat dengan jalan membuat otak menghasilkan cara yang lebih efisien dalam menyimpan serta mengingat fakta-fakta atau informasi.

Secara khusus otak menghasilkan kata-kata kunci yang disebut mediator yang memicu ingatan atau memori.Hal tersebut tidak akan terjadi ketika hanya belajar saja dan Hal tersebut berarti otak mengingat lebih banyak fakta lebih lama.

Dr. Katherine Rawson yang merupakan seorang psikolog di Universitas Negara Bagian Kent mengatakan: "Mengikuti tes latihan khususnya yang melibatkan usaha untuk mengingat sesuatu dari memori otak dapat secara drastis meningkatkan kemungkinan bahwa anda bisa mengingat kembali informasi itu di waktu kemudian.

"Dari ratusan eksperimen untuk menemukan pengaruh ujian terhadap proses belajar, sangat mengherankan bahwa kita hanya mengetahui sangat sedikit mengapa ujian meningkatkan daya ingat pada otak"

Dr. Rawson dan Mary Pyc yang merupakan lulusan Universitas Kent melaporkan eksperimen yang mengindikasikan bahwa setidaknya satu alasan mengapa ujian baik bagi ingatan ialah bahwa ujian mendukung penggunaan strategi pengkodean yang lebih efektif.

Rawson memberikan ilustrasi sebagai berikut: "Andaikan anda mencoba belajar kosakata bahasa asing. Dalam penelitian kami, kami biasanya menggunakan pasangan kata Bahasa Inggris-Swahili seperti 'wingu – cloud'. Untuk mempelajarinya, anda bisa saja hanya mengulang-ulang kembali pada diri anda setiap kali anda mempelajarinya, tapi ternyata itu bukanlah jenis strategi efektif untuk memasukkan sesuatu ke dalam ingatan otak.

"Strategi yang lebih efektif adalah mengembangkan satu kata kunci yang menghubungkan kata bahasa asing tersebut dengan kata bahasa Inggris. 'Wingu' kedengarannya seperti 'wing', burung memiliki sayap (wings) dan terbang di awan (clouds). Tentu saja hal ini berhasil hanya sebatas kata kunci yang anda hasilkan. Agar satu kata kunci berguna, anda harus bisa mengingat kata kunci anda ketika anda diberikan kata asing tersebut kemudian. Juga agar supaya sebuah kata kunci bermanfaat, anda harus bisa mengingat kata bahasa Inggris ketika anda mengingat kata kunci tersebut."

Penemuan ini dipublikasikan di the journal Science.

Kategori Terkait:
Psikologi

Penulis : see video 99 ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Ujian Rutin Tingkatkan Kinerja Otak ini dipublish oleh see video 99 pada hari Sunday, December 16, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Ujian Rutin Tingkatkan Kinerja Otak
 

0 comments:

Post a Comment