Wellcome my.blog Nurul Bendy N.P Hp.085648874091

Bahayanya Obat tidur

        Jakarta, Karena stres atau kondisi tertentu, beberapa orang tak bisa tidur seketika mereka berbaring di atas ranjang layaknya orang normal. Akibatnya, agar bisa beristirahat dengan nyenyak, orang-orang ini pun menggantungkan hidupnya pada obat tidur. Padahal sebuah studi baru dari Inggris mengungkapkan konsumsi obat tidur tertentu dapat meningkatkan risiko radang paru-paru alias pneumonia.

Secara spesifik peneliti menuding obat tidur diazepam dan temazepam-lah yang dikaitkan dengan tingginya risiko radang paru-paru. Bahkan pasien yang mengonsumsi obat-obatan itu juga cenderung lebih sering meninggal akibat pneumonia.

"Ketika obat ini memicu tidur yang mendalam, pada waktu yang bersamaan sekresinya menumpuk di dalam paru-paru," terang peneliti seperti dilansir daritelegraph, Jumat (7/12/2012).

Kesimpulan ini diperoleh setelah peneliti mengamati kondisi sekitar 5.000 pasien yang telah didiagnosis dengan pneumonia antara tahun 2001-2002 dan masing-masing pasien dibandingkan dengan 6 pasien yang memiliki kesamaan usia dan jenis kelamin serta tidak didignosis dengan pneumonia.

Dari situ peneliti menemukan bahwa konsumsi obat benzodiazepine memberikan risiko pneumonia pada pengguna sebesar 54 persen, bahkan seperlima pengguna dilaporkan cenderung meninggal dalam kurun waktu sebulan dan sepertiga pasien bisa meninggal dalam kurun tiga tahun.

Selain itu, pengguna yang baru saja menggunakan obat tidur ini kemungkinannya 90 persen lebih tinggi untuk terserang pneumonia, sedangkan pengguna yang mendapatkan resep obat tidur ini 1-3 bulan sebelumnya memiliki kemungkinan terserang pneumonia lebih tinggi yaitu 95 persen. Namun untuk orang-orang yang dulunya pernah mengonsumsi obat tidur tapi sekarang sudah berhenti, risiko pneumonianya hanyalah 40 persen.

Setelah mengevaluasi kandungan diazepam, lorazepam dan temazepam-nya secara individual, peneliti memastikan bahwa ketiganya dan obat non-benzodiazepine yang disebut zopiclone sebagai penyebab tingginya risiko pneumonia pada pengguna keempat jenis obat tidur itu.

"Benzodiazepine dan zopiclone adalah obat-obatan yang biasa diresepkan untuk orang-orang yang mengalami kesulitan tidur namun memiliki efek terhadap sistem kekebalan yang signifikan. Data kami pun menunjukkan keduanya dapat meningkatkan risiko pneumonia, termasuk risiko kematian akibat radang paru-paru itu sendiri," tandas ketua tim peneliti Eneanya Obiora dari Nottingham University.

Kendati begitu, mengingat penggunaan benzodiazepine yang sangat luas maka studi lanjutan masih diperlukan untuk mengevaluasi keamanan obat tersebut untuk mencegah adanya infeksi, pungkasnya.

Artikel terkait
DetikHealth

Penulis : see video 99 ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Bahayanya Obat tidur ini dipublish oleh see video 99 pada hari Saturday, December 8, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Bahayanya Obat tidur
 

0 comments:

Post a Comment